Hey guys,
First of all, gue mau jelasin dulu kenapa judul post-an gue ini gue kasih nama "Une Poche de Roses Noires", Une Poche de Roses Noires adalah bahasa Prancis yang arti dalam bahasa Indonesianya adalah "satu kantung mawar hitam". Gue translate ke dalam bahasa Prancis karena menurut gue bahasa Perancis, Jerman, Italia, Belanda, dan semacamnya adalah bahasa yang romantis (haha). Dan kenapa gue kasih judulnya mawar hitam? Ya sebenernya disini gue mau ceritain aja cerita pengalaman pribadi gue yang menurut gue sedih hehe walaupun sedih itu relatif yaa.
Gue cewek, semua orang yang kenal dan tau gue pasti beranggapan gue orangnya ceria dan lawak banget, karena gue suka banget bercanda dan ketawa sama temen2 gue, entah itu di kampus, mall, cafe, dll. Tapi lo tau gak sih ada quote yang tulisannya gini “Behind my smile is a hurting heart. Behind my laugh I’m falling apart. Look closely at me and you will see the girl I am…. isn’t me.” Nah itu quote kayaknya refers ke gue banget haha. Gue jujur gue punya banyak temen dari beberapa kota, tapi yang gue anggep sebagai sahabat cuma dikit banget, entah itu jahat atau gimana tapi ga cuma satu atau dua orang yang menggangap gue sahabat mereka, tapi di sisi lain gue ga anggep mereka sebagai sahabat gue, gue cuma anggep sebagai temen biasa aja temen ketawa haha-hihi doang. Banyak rumor yang ga jelas di sekeliling gue, salah satunya adalah orang2 yang sebelum kenal gue lebih deket udah berani nge-judge gue sebagai tukang php, sadis, dingin, dll. Padahal gue berani sumpah gue bukan anak yang kayak gitu. Gue punya alesan untuk itu semua, untuk image negatif yg orang2 liat tentang gue.
Dulu (tahun 2013) gue pernah sayang banget sama 1 cowo (sekarang udah jadi mantan), kita deket karena dulu liburan bareng temen rame2 ke suatu kota wisata yg terkenal banget di pulau Jawa. Dia baik banget dan cara ngedeketin gue ga cuma lewat chat atau telfon aja, beda sama cowo lain. Dia yang narik tangan gue waktu ke pantai dan gue kepeleset di karang, dia yang ngasih gue balon gas warna-warni, dia yang ngajak gue jalan nemenin hari2 gue, dia yang rela bangun jam 4 pagi demi nganter gue ospek ke depok (dulu gue masih di UI). Sumpah gue terharu banget ternyata masih ada cowok yg baik bgt dan sayang pake hati sampe segitunya. Sampe akhirnya keluar pengunguman UGM, disitu ternyata gue keterima Manajemen UGM seneng parah dan dilema parah mau tetep di UI atau di UGM, soalnya udah bayar UI dan lagi ngejalanin ospek dll. Gue lg otw di mbl mau ke restoran sama bokap nyokap tiba2 cowo gue itu nelfon, suaranya gembira banget "SHEBBB SHEBBB AKU KETERIMA UGM SHEB JURUSAN HI SUMPAH SENENG BANGET", disitu gue langsung freeze moment gabisa ngmg apa2 dan akhirnya gue jawab "ohya? selamat yaa ohiya aku lg di mobil nanti aku telfon lagi ya" mungkin emg terdengar jahat jawaban gue, tapi disitu gue bener2 sedih banget gue gasiap jauh2 dari dia haha begitu sampe rumah gue nangis abis2an. Tiba2 ada klakson di depan pager, ternyata itu temen gue namanya G, si G sampe kaget banget ngeliat gue nangis sampe segitunya. Hmm yauda abis itu dia ngajak gue jalan terus soalnya seminggu lagi dia udah pindah ke Jogja. Gue bener2 bingung harus gimana, gue sayang banget sama dia tapi gue ga siap LDR banget, bukannya ga setia, tapi gue sekalinya sayang sama cowo atau sahabat cewek, kalau kangen gara2 jauh gitu sedihnya suka kelewat batas. Tiba2 setelah dia pindah ke Jogja, besok malemnya bokap gue dateng ke kamar gue ngomong "sheba pindah ke UGM aja ya, enak kan itu jurusannya manajemen tuh sheba pingin jadi pengusaha kan?" teru gue jawab "malesss pah sheba udah pewe sama temen2 sheba disini semua baik sama sheba" taunya bokap bilang "tapi papa udah daftarin itu semua dokumen sudah papa urus, besok sheba ke Jogja buat tanda tangan dan dua minggu lagi kita pindah ke Jogja." Kaget dan kesel bukan main, gada temen gue yang seneng gue pindah kecuali cowo gue itu yang bilang ke gue "aku seneng kamu ke ugm juga, ini tandanya aku bisa sama kamu terus, kamu gausah takut di Jogja ya, ada aku." Akhirnya dengan berat hati gue pindah, tapi tetep pastinya ada perasaan seneng karena gue ga jauh dari cowo gue itu. Seru banget gue suka jalan kaki sama dia dulu malem2 di jalanan Jogja, sambil ngobrol2 beli coffee atau eskrim, kosan juga deketan jadi kalau abis jalan makan atau ngopi dia suka anterin sampe depan kosan gue (kita berdua jalan kaki). Disitu gue mulai bisa terima kalau ternyata gue udah officially pindah ke jogja. Tapi yang gue bingung kenapa 1-2 minggu gue pindah, dia sikapnya aneh dan jadi susah luangin waktu buat gue, sampe akhirnya tanggal 30 agustus (ulang tahun gue), bahkan dia ga dateng untuk ucapin langsung, dan yang ucapin pertama di hp aja bukan dia. Berhari2 gue bingung kenapa sama dia, Dan pada akhirnya tanggal 3 september dia mutusin gue dengan alesan yang ga logis "aku ribet kita beda fakultas" padahal fakultas dia dan fakultas gue depan-belakang :( . Tiba2 besoknya di status bbm dia udah ada nama cewek lain heheh. Judul yang pas buat moment itu adalah SANGAT KECEWA. Hahaha gila gak lo udah sayang segitunya sama seseorang taunya ditinggalin gitu aja? Udah sampe pindah kota juga. Di jogja sini gue waktu itu blm kenal siapa2 dan gue gatau mau cerita sama siapa disini, gue bener2 frustasi sampe gue sadar kalau gue ga supposed to be here in Jogja. Sebulan, dua bulan, tiga bulan, gue coba ngilangin rasa sedih gue kok gabisa2, sampe detik ini pun gue belum punya pacar lagi, bukan karena masih ngarep atau apa, gue masih takut dikecewain lagi.
Sekarang langsung aja kita lompat ke bulan januari-februari awal, waktu itu lagi liburan semester jadi gue pulang kampung tuh ke Jakarta. Seneng lah pulang kampung gitu yaa walaupun kangen sih sama Jogja yang semuanya serba murah haha. Gue punya temen cewek, panggil aja si X (dia bukan di ugm, dia beda kota sama gue), gue lupa kenapa waktu itu bisa chat sama si X padahal deket aja engga haha chat basa-basi gajelas gitu sampe akhirnya ketemu di sebuah cafe di Jakarta Selatan, ya ngobrol2 biasa basa-basi gimana di Jogja blabla gue juga nanya lo gimana blabla, ternyata anaknya asik juga diajak ngobrol ya sikapnya dewasa kayak nenek gue (sorry itu kelewat dewasa, tua malahan). Seneng aja orangnya enak diajak sharing. Terus gue pulang, sampe rumah gue ngelakuin kebiasaan gue tiap malem kalau gabut, yaitu streaming film di youtube. Taunya temen gue si X itu ngechat gue, gue lupa awalnya ngechat apa tapi ujung2nya curhat sampe lewat tengah malem. Dia curhatin banyak tentang mantanya, gue curhat ttg mantan gue juga (haha jomblo senasib) #ngenesbro #kapanlakusist. Nah dari situ ngobrol terus di cahat ga berhenti2, suka gue bully juga anaknya enak dibully soalnya. Gue jadi sering main bareng juga sama dia. Gue ga tau kenapa ya gue bisa terbuka banget sama dia, padahal gue orangnya biasanya dingin sama orang baru dan cuek pol. Gatau kenapa dia mirip sama bunda gue, gue seneng banget cerita sama dia, ngirim2 foto2 lawak, sering disuruh solat disaat gue aja udah lupa kapan terakhir gue solat subuh wkakaka #woy #IniTemenApaNyokap?! Gue suka ngomong ke dia "eh lo harus tauu tadi gue liat ada cowo ganteng pokoknya tipe gue banget huhu" "aduh kapan gue cantik :(" "gue punya temen gendut kayak dugong" "gue jomblo udah mau setaun meen" "yaTuhan pertemukan hamba dengan laki2 pilihanMu". Kocak banget dia suka cerita apa aja ke gue, gue juga sampe cerita yang gajelas aja tetep diceritain ke dia. Sampe pada akhirnya gue bener2 thankful ke Allah karena Allah udah ngasih gue sahabat kayak dia, untuk pertama kalinya gue doain sahabat sendiri di solat gue (biasanya minta dapet pacar segera, minta cantik, minta langgeng sama cowo gue, minta hal2 gajelas). Gue doanya gini dulu "yaAllah sheba ga ngerti kenapa Allah ngasih temen sebaik itu, tolong sheba jaga dia biar jadi temen sheba terus sampe tua yaAllah, makasih yaAllah sheba gabisa bales apa2 ke Allah" abis itu gue masih sempet2nya doa gini "yaAllah sheba naksir sama cowo namanya ***** yaAllah semoga sheba jadian sama dia" #-_-hft. Tapi beneran deh, itu gue doain temen gue si X itu tulus banget, gue tau banget keseharian dia di kampus gimana, bagaimana dia bersosialisasi, reaksi temen2 sekeliling terhadap dia, bahkan sampe cerita2 dia waktu di SMA yang dia belum sempet ceritain ke gue. Gue suka takut dia ngerasa sedih di kampus, bukannya lebay apa gimana, tapi karena gue pernah ada di posisi dia waktu smp dulu. Gue emang suka ga tega ngeliat orang yg ngerasa ga betah di lingkungan sekitar mererka dan harus maksain betah karena alesan tertentu, sekali lagi gue perjelas karena gue pernah ada di posisi itu. Ga cumaa sekali ataupun dua kali gue ngedoain dia biar dia tahan di lingkungannya dia dan semoga keadaan berubah 180 derajat sehingga dia bisa menjadi sangat betah dengan lingkungannya. Dan ALHAMDULILLAHIROBILALAMIIN, hanya hitungan bulan, Allah mengijabah doa gue :) dia mulai betah di kampus dan bahkan punya banyak temen sekarang. Sampai pada akhirnya dia yang dulu suka ngobrol dan cerita sama gue, berubah 180 derajat jadi nyuekin gue dan bahkan dingin sama gue. Gue bener2 gatau alesannya apa, tapi gue tetep positive thinking aja sambil menyiapkan kado buat surprise ulang tahun dia. Gue bener2 excited nyiapin kado2nya. Dan akhirnya tiba juga tanggal ulang tahun sahabat gue yang satu itu, siang2 gue dateng ke rumah dia sendirian kasih surprise dengan muka gue yang seneng dan kangen nyampur jadi satu jadi mukanya sumringah gitu haha, tapi gue gabisa lama2 karena gue ada janji sama temen2 yang lain buat belanja di GI. Cuma berapa belas menit gue di rumah dia, tapi ya seenggaknya udah kesampean ngasih surprise. Terus gue ke GI ketemu temen2 gue senengnya jalan ketawa haha-hihi buka puasa bareng, dll. Tiba2 perasaan gue gaenak banget tentang temen gue si X itu (udah bbrp hari suka gaenak). Akhirnya besoknya gue telfon dia malem2, dan haha ternyata bener feeling gue selama ini, ternyata gue cuma jadi temen yang dia temenin waktu dia belum pewe sama societynya :) dia ngomongin gue di belakang, dia ngomong ke temen2 barunya "gue ga tahan deh sama sheba, sheba orangnya blabla". Disitu gue bener2 gatau harus ngomong apa sama dia, gue harus gimana, yang jelas gue kecewa berat dan kali ini kecewa gue bener2 nusuk banget sampe gue ngeblank gatau harus ngapain sampe gue gabisa nyetir pulang. Ternyata orang yang selama ini paling gue percaya, dia ngehianatin gue gitu aja. Salah satu sahabat yang gue sayang banget ternyata ngomong ke orang lain kalau dia ga seneng temenan sama gue. Bukan gue berlebihan apa gimana, tapi sekali lagi gue bilang kalau gue sekalinya sayang sama cowo (pacar) atau cewe (sahabat), gue bakal bela2in apapun buat mereka, berhari2 gue sedih ga abis2, ngebuat hari-hari gue jadi kebawa sedih dan kalau ada yg bikin bete dikit pasti gue langsung nangis dan bilang ke Allah "yaAllah aku ga pernah ada niat ngejahatin orang2 itu tapi kenapa balesannya gini yaAllah". Akhirnya gue secara tiba2 dateng ke rumah dia buat ngeclearin masalah, bukan solusi yg gue dapet tapi malah kebalikannya. Dia bilang kalau dia gabisa temenan sm gue karena gaenak udah ngecewain gue yang udah 100% percaya sama dia, dan bahkan gue sampe bilang "gue gapapa, gue mau temenan sm lo lagi, gimana?" dia bilang engga. Abis itu dia ngomong banyak hal yang bener2 gue ga nyangka sama sekali, gue ngerasa gue jadi sampah, mulut dia seakan2 ngomong kalau gue itu cuma sampah, gue cuma bisa nyampah, dan gue udah ga dibutuhin lagi. Sampe akhirnya gue ngomong "lo jahat" dan dia jawab "iya emg gue jahat, siapa bilang gue baik? Lo kan sheb yang bilang gue baik?" Terus gue tanya "lo nganggep gue temen atau sahabat ga?" dia jawab "engga" . Haha demi Tuhan disitu gue mau nangis banget, gue ngerasa kenapa gue sia-sia banget, kenapa hidup gue sia-sia begini. Gue rasanya udah mau pulang banget disitu, gue malu, dan akhirnya gue ngomong "yauda, tapi janji ya nanti kalau ada temen yang tulus mau temenan sama lo, please jangan dijadiin kayak gue ya, kasian dianya" Udah abis itu gue ga nampilin muka sedih gue lagi, gue bener2 maksain muka gue senyum bahagia sambil ngomong "yauda gue pulang ya, nanti abis gue pulang dari Belanda (gue bakal ambil double degree di belanda selama 2 tahun) gue cari lo yaa haha main lah kita ketemu jangan sombong2 nanti lo. Terus gue jalan kaki ke mobil gue, gue bener2 gabisa tegap berdiri, gue lemes ngeliatin jalanan sambil ngerasa sia2, udah di-sia2-in sama mantan pacar, sama sahabat (walaupun dia ga anggep gue sahabat, gue tetep nganggep dia) juga gini. Akhirnya berlaku juga quote ini: "We met for a reason, either you're a blessing or a lesson."
Buat mantan pacar gue yang di awal gue ceritain, alhamdulillah sekarang udah minta maaf dan baik banget sama gue kayak sahabat cowo gue yang lainnya. Dulu sekitar 2 atau 3 bulan lalu sempet ngajak gue balikan tapi gue gabisa. Gue seneng banget bisa sahabatan gini sama dia, gue cerita gue lagi deket sama siapa, dia cerita dia gimana sama mantannya, dll. Gue seneng ngerasa gue punya kakak (gue soalnya anak tunggal).
Dan buat sahabat gue yg si X tadi, masih belum contact2an lagi sama gue, mungkin emg udah jalannya gini jadi mau gimana lagi. Semoga dia bakal selalu betah sama lingkungannya dan masih berlaku kok kata2 gue dulu yang gini: "haha lo mah bisa ngehubungin gue kapan aja gue 24 jam * 7 hari gue pasti ada kecuali gue tidur." Gimana pun juga dia pernah ajarin gue untuk realistis dalam hidup ini, dan gue juga sekarang terus mencoba untuk realistis dan terima nasib gue. Gue yakin Allah sayang sama gue dan ngasih hal yang indah banget sehabis semua ini. Jujur gue kangen banget main sama dia, tapi gimana mau main bareng lagi, gue dianggep sebagai temen aja engga.
Dan sekarang alhamdulillah gue udah mulai betah di Jogja karena beberapa alesan :)
Sorry nulisnya kepanjangan ya hehe ini juga udah gue ringkas2. Seneng bisa sharing.
Thank you :D
-NABILA SHEBA-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar